Pohon Kurma Ajwa memang memiliki perbedaan dengan kurma-kurma lainnya mulai dari pohon, buah dan bijinya dapat terlihat perbedaannya, dari sekian bajak jenis kurma, "Ajwa" yang memiliki nilai yang paling tinggi, karena kurma Ajwa adalah kurma kesukaan Nabi Muhammad SAW.
Karena banyak di jual bibit kurma Ajwa mulai dari benih atau kecambah ada baiknya kami memberikan sedikit pengetahuaan yang mungkin berguna bagi para penghobi atau yang ingin menanam pohon kurma Ajwa

Buah Kurma Ajwa
Buah kurma Ajwa memiliki bentuk yang lain dari buah kurma pada umumnya, bentuk buah agak bulat tidak memanjang dan memiliki warna buah yang agak kehitaman, untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada gambar dibawah ini :
kurma-ajwa
Kurma Ajwa ( Kurma Nabi )
Untuk perbandingan kami menyertakan buah kurma jenis "Khalas" yang memiliki bentuk buah agak memanjang dengan warna buah kecoklatan, seperti pada gambar dibah ini :
kurma-khalas
Kurma Khalas

Sekarang mari kita lihat biji atau benih dari masing-masing kurma ini agar kita dapat lebih mengenalnya lebih baik lagi, terutama bagi kita yang ingin menam pohon kurma dirumah atau dikebun.
Melihat dari bentuk buahnya yang memliki perbedaan, demikian pula dengan bijinya, masing-masing memiliki perbedaan dan ciri khas tersendiri.
Biji Kurma Ajwa 
Biji kurma Ajwa bentuknya tidak jauh berbeda dari buahnya, memiliki bentuk yang agak membulat atau tidak memanjang, berkesan lebih gemuk dari biji kurma yang lainnya. Untuk lebih jelasnya dapat disimak pada gambar dibawah ini :
biji-kurma-ajwa
Dalam gambar diatas jelas terlihat perbedaanya dengan biji kurma Khalas yang lebih kecil dan memanjang, sedangkan biji kurma Ajwa lebih gemuk tidak memanjang dan berkesan membulat.

Kecambah Kurma Ajwa
Pada kecmbah biji kurma pun tidak akan merubah bentuk mereka, sehingga perbedaanya dapat terlihat dengan jelas, ini sangat berguna bagi kita yang menanam bibit pohon kurma Ajwa agar lebih mengenal benih yang akan ditananm. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat pada gambar dibawah ini :
kecambah-kurma-ajwa
Demikianlah penjelasan singkat ini, semoga bermanfaat.
 
Untruk melihat bibit pohon buah yang tersedia silahkan klik link dibawah ini :